Tuesday 17 January 2012

Roseola.. oh Roseola..

Kali ini aku mau cerita tentang virus Roseola yang sempat nyerang my lovely son minggu kemaren dan seperti apa home treatment yang aku terapin..

8 Januari

Pagi, si ican masih biasa, namun sore dia gak seaktif biasanya.. walo saat itu kondisinya belum terdeteksi kalo bakalan sakit.. sampe malem pun belum menampakkan mau sakit hanya sedikit lemas saja, waktu diukur suhu badan 37.sekian.. well masih normal aku kira

9 Januari

Berangkat kantor seperti biasa, pulang kantor dapat laporan dari pengasuh ishan, klo badannya sumeng.. demam gitu.. dan nafsu makan sedikit menurun.. perkiraan siy mau numbuh gigi ato mungkin anaknya kecapean karena hari sabtu ishan kita ajak ke bekasi..  Dan, malam harinya rewel, cek suhu badan 38.7 dercel.. untuk ngatasi rewelnya dikasihnya Temp*a.. alhamdulillah pas demam turun niy krucil aktif kembali.. sampe tidur. Sepanjang tidur malem itu agak sedikit tidak nyenyak tidurnya, saya ukur lagi suhu badan masih demam, berkisar 38.4 dercel dan 39.sekian dercel, lupa dee.. karena anak masih tidur saya gak kasih obat penurun panas, karena harus bangunin dia. Hanya skin to skin aja yg dilakuin.

10 Januari

Masih demam, sempet diukur suhu badan sedikit menurun 37.8, anak tidak rewel tapi diem aja gak seaktif biasanya.. karena masih dipikir kecapean, jadinya siang itu diurut dee si ican.. makan masih mau, cuma makan camilan yang gak begitu mau.. pepaya dan jeruk berhasil dilepeh.. golden melon, puding masih mau.
Banyakin minum dan asupan makanan tetap dijaga. Malam hari, kondisi ican sudah normal kembali, yaa walo masih belum 100% siy..

11 Januari

pagi saya cek kondisi ishan alhamdulilah demam dan turun.. senneg dee.. eitss.. di perut kok kayak muncul rash / bercak merah gitu.. mulai kepikiran ini campak.. ada yg bilang coba kasih air kelapa ijo, katanya klo setelah minum air kelapa bercak yg keluar makin banyak berarti campak.. klo gak berarti bukan. OK diturutin dee selama itu gak bahaya buat my ishan. tapi ternyata gak keluar banyak2 amat juga.

12 Januari

Bercak merah menjalar ke punggung.. ya hanya 2 are ini yg timbul rash tsb. Sisanya alhamdulillah gak ada..

13 Januari

Bercak merah mulai memudar, tapiiii dapat info dari pengasuh ishan, klo kali ini ishan dari pagi sampe sore udah 4x p*p tidak seperti biasa.. sedikit, lembek dan kadang cair. Eeehhh semakin malem semakin sering. abis makan ato minum susu p*p. Klo diamati 24 jam ishan bisa p*p 12x dgn konsistensi p*p yang tadi saya sebut. Mulai mikir apalagi ini.. demam lewat.. eh masuk campak.. campak lewat.. eh si diare permisi mau masuk juga.. hufftt sedihh.. akhirnya tanya sama milissehat *bersyukur banget bisa gabung di milis ini :)
dan dikasih info klo itu tanda2 roseola menyerang.. dan hanya satu obatnya.. cairan..cairan..dan cairan.. jaga asupan minum anak, karena ini virus maka TIDAK dibutuhkan antibiotik... well.. saya kasih ishan oralit yg rasa jeruk, banyak minum, tidak ada pantangan makanan apapun selama anak mau.. alhamduillah diare terlewati juga hingga minggu p*pnya mulai mendekati normal.. sehari 3x.

Demikian cerita roseola yang dapat saya share disini.. semoga bisa diambil manfaatnya.. :)

No comments:

Post a Comment