Tuesday 17 January 2012

Batuk Rejan dan Pentingnya Imunisasi

Huhuhu.. klo inget² batuk yg ini niy.. sediiih banget.. nyesel.. bersalah.. campur aduk...
Maafkan mamamu ini ya nak.., karena berbekal ilmu yg tak sebarapa dan masa2 galau klo remaja kalik ya.. jadi efeknya my ishan sakit dee :-(
Well, begini asal mula ceritanya..
Jauh hari sebelum ishan lahir.. aku pernah membaca postingan dari teman tentangbahaya imunisasi.. yang katanya dari apalah.. apalah.. yang pastinya membuat saya percaya.. sebenarnya bukan salah tuh orang yg posting ya.. salahnya kenapa saat itu aku langsung percaya begitu saja tanpa membaca literarur yg lain dan minta pendapat orang2 yg ahli pastinya.. mungkin karena membawa-bawa nama agama.. dan klo sudah membawa nama agama disertai bukti link yg menurutku "benar" jadilah saya mantab untuk TIDAK melakukan imunisasi untuk anak saya.. *tepokjidatnangisgulingguling
Mungkin pikiranku gak akan terbuka sampe aku menerima cobaan ini.
Yaps.. sejak ishan batuk2 terus dan batuknya berbeda dari batuk yg biasa dia derita. Apalagi sampe mempengaruhi nafsu makan ishan yang biasanya sangat rakus.. huhuhu.. saat itu karena sudah tau yg namanya batuk biasanya karena virus, cukup perbanyak asupan cairan.. tapi gmn mau banyak masuk tuh cairan klo minum aja gak mau.. apalagi makan.. mungkin karena banyak lendir yg bikin cairan itu susah masuk.. mana ishan rewel lagi.. mungkin lapar dan haus, tapi sakit buat nelen :-(
Akhirnya.. batuk seminggu gak sembuh2, aku bawa ishan ke dokter anak.. disana ishan dikasih obat batuk berupa racikan puyer dan antibiotik karena didiagnosa ada radang.. :-(
Lagi-lagi karena ilmu ttg kesehatan yg minim, saya kasih  lah tuh obat ke anak saya.. :-( (nanti akan aku bahas dipostingan lain mengenai puyer dan RUM)
Namun, kenapa udah 2 minggu itu batuk gak bekerja ya.. huhuhu.. mana udah diinhalasi sampe 3x, sedot lendir 3x.. (yg ini emaknya pake drama nangis gak tega ngeliat anak disedot lendir) tapi masih batuk juga, jadilah menganggap dokter pertama tidak kompatible mengatasi batuk anakku, akhirnya pindah dokter anak lain hasil googling.
Ketemulah dokter yg dipercaya buat ishan sampe sekarang.. dan diagnosanya ishan terkena batuk rejan ato batuk 100 hari ato istilah medisnya pertussis.. apaan niy.. dijelasin bla..bla.. bla.. tentang si pertussis ini..  dan yg bikin bertambah lipat2 rasa bersalah adalah karena ishan belum ada kekebalan dari bahaya batuk ini.. dan darimana ishan bisa dapetin kekebalan itu.. jawabannya IMUNISASI.. huwaaa. nangis guling2 deee.. dari vaksin DPT yangs seharusnya ishan dapat dari umur 2 bulan dan selanjutnya. Anak yg sudah divaksin aja maish bisa kena apalagi yg belum.. trus bedanya dimana donkkkk?? efeknya.. yaa.. anak yg divaksin mungkin tidak akan separah yg belum mendapat kekebalan.. dan batuk ini disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis seperti pada penjelasan dari website berikut : http://medicastore.com/penyakit/931/Pertussis.html
Dari penjelasan si dokter yg panjang lebar dan mudah dimengerti ini.. meleklah aku akan pentingnya imunisasi untuk anak.. dan langsung jatuh hati sama niy dokter. Trus si dokter meresepkan 2 obat, ventolin dan antibiotik yg masih kadar rendah untuk batuk karena bakteri.. dengan catatan 1 minggu belum ada hasil yg berarti harus cek lab untuk memastikan batuk apa yg diderita dan mengganti antibiotiknya, harus ganti antibiotik yg lebih tinggi levelnya ato yg bisa menyerang lgs si bakteri ini. Ok.. kitta ikutin saran si dokter..  sambil harap2 cemas dan merasa penantian seminggu itu lama sekalii apalagi klo udah ngeliat anak lg batuk sangat2 tersiksa..
Seminggu terlewati, batuk belum ada petunjuk kearah yg lebih baik. Diputuskan cek lab, dari hasil Lab saat itu benar ishan kena batuk pertussis.. akhirnya ganti antibiotik dan tetap dengan obat batuk ventolin. Alhamdulillah seminggu kemudian ada kemajuan terutama pada frekuensi batuk sehari lebih sedikit.. yg artinya antibiotik bekerja untuk membunuh si bakteri.. ya masih ada siy sedikit batuk2 dan ishan pun mulai menunjukkan selera makannya yg "rakus" itu.. senaaaangg.. hurray..
2 minggu setelah batuk bener2 sembuh.. konsultasi dokter langsung ishan aku imunisasi.. gak tanggung2 paha kanan kiri lgs kena suntikan semua.. *maaf ya nak.. demi kebaikan mu :)
Masih PR ini.. untuk catch up imunisasi yg tertinggal..

4 comments:

  1. tulisan ini bagus :D
    PC kosong memang perlu Anti virus ;)

    ReplyDelete
  2. Mba tq critanya..saya Mau tanya kedokter mana ya ishan saat itu...anak ku sekarang lagi batuk ga kelar2

    ReplyDelete
  3. Waktu itu di Hermina mba.. sama dokter prabowo klo gak salah ya.. saya lupa2 inget. soalnya sudah 4 tahun sejak pindah rumah juga gak bertemu beliau lagi.. :) semoga ananda cepet sembuh yaa..

    ReplyDelete
  4. Mau nanya bun, dihermina mana ya bun dokternya ihsan dulu?

    Karna anak saya ini sdg batuk dan ciri2 nya sprti batuk pertusis, mau konsul ke dsa yg enak tp blm nemu..

    ReplyDelete